- PC server dengan OS 64bit
- Virtual Box versi 6.1
- VHD Fresh versi 14.0.0.1 (terbaru)
- Exambrowser Admin terbaru (cek di web anbk)
Masalah dan Solusi
1. Belum muncul jadwal singkron
bagi anda yang mempunyai masalah belum muncul jadwal singkron

Solusi :
Bagi anda yang memang belum ada jadwal singkronisasi harap bersabar, karena ini masih dalam tahapan. silahkan cek kembali anda termasuk simulasi pada periode 1 atau periode 2, karena nanti untuk periode 2 munkin setelah beres pelaksanaan pada periode 1 atau di akhir simulasi periode 1. Jika misalkan anda pada periode 1 tapi sampai pada hari pelaksanaan simulasi belum ada jadwal singkron silahkan hubungi helpdesk kabupaten atau bisa juga megirimkan tiket bantuan pada web anbk. jadi pada intinya silahkan cek secara realtime pada web anbk terkait jadwal singkronisasi.
2. Error Patching
bagi anda yang mempunyai masalah Error Patching

Solusi :
Sebelumnya kita harus ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya error patching. jadi kita harus mengetahui sumbernya terlebih dahulu. mari kita identifikasi. error patching itu diakibatkan adanya ketidak sesuaian mesin vhd, exam admin dengan server pusat anbk. pastikan anda gunakan VHD dengan versi 14.0.0.1 (yang belum pernah di patching
Solusi :
ada beberapa solusi yang dapat anda lakukan diantaranya :
ada beberapa solusi yang dapat anda lakukan diantaranya :
- Pastikan jadwal Singkronisasi tidak terlewat
- Pastikan PC konek ke Internet
- Silahkan periksa kembali ID Proktor anda. pastikan ID Proktor dan password harus sama dengan yang di web ANBK. contoh ID Proktor U0xxxxxxx-Axxx atau P0xxxxxxx-Axxx
- Pastikan konfigurasi internet anda pada virtual box benar, untuk Adaptor 1 Terbridge ke NIC output, untuk Adaptor 2 Set NAT
- Restar PC dan nyalakan ulang exam admin
Solusi :
Silahkan klik reolad CBT Sync, jika tidak mempan silahkan restar VHD ataupun PC. jika memang masih tidak mempan silahkan hapus google chrome yang terinstal dan instal kembali dengan versi yang telah disediakan di dalam prerequites, kemudian jangan lupa setting kembali letak browser chromenya pada exam admin.
Silahkan klik reolad CBT Sync, jika tidak mempan silahkan restar VHD ataupun PC. jika memang masih tidak mempan silahkan hapus google chrome yang terinstal dan instal kembali dengan versi yang telah disediakan di dalam prerequites, kemudian jangan lupa setting kembali letak browser chromenya pada exam admin.
Solusi :
Silahkan hapus google chrome yang terinstal dan instal kembali dengan versi yang telah disediakan di dalam prerequites, kemudian jangan lupa setting kembali letak browser chromenya pada exam admin.
Close kan mode incognito, maka nanti akan muncul loginpage cbtsync
6. Getting Ready Lama
bagi anda yang mempunyai masalah Getting Ready Lama

Solusi :
Silahkan hapus google chrome yang terinstal dan instal kembali dengan versi yang telah disediakan di dalam prerequites, kemudian jangan lupa setting kembali letak browser chromenya pada exam admin.
Close kan mode incognito, maka nanti akan muncul loginpage cbtsync
6. Getting Ready Lama
bagi anda yang mempunyai masalah Getting Ready Lama

Solusi :
Silahkan cek kembali pengaturan jaringan pada virtual box, terutama pada adapter, jangan sampai tertukar antara internet in dan out. kemudian ip pada nic out isi dengan segmen 192.168.0.201 (asalkan jangan akhiran 200 karena itu ip virtual box) jika memang dirasa sudah benar maka solusi lain adalah silahkan sambungkan pc server dengan salah satu client.
Matikan Firewal dan antivirus
7. Komputer Server Mati Total

Matikan Firewal dan antivirus
7. Komputer Server Mati Total

Solusi :
Silahkan pasangkan VHD backupan hasil singkron ke pc yang lain jika terjadi lock vhd silahkan hubungi helpdesk provinsi kemudian isi tiket bantuan unlock sn pada web anbk, uraikan secara singkat tentang permasalahan yang terjadi kemudian minta untuk unlock SN
8. Lag Pada Saat Pengerjaan

8. Lag Pada Saat Pengerjaan

Solusi : Silahkan refresh browser dengan cara tekan F5 pada kyboard.
Solusi : Silahkan ikuti intruksi, jika tidak berhasil coba klik reload cbtsync
10. Error VHD
ini disebabkan akibat VHD tidak tershutdown secara sempurna akhirnya terjadilah crash pada VHD, ada beberapa solusi yang dapat anda lakukan

Solusi :
ini disebabkan akibat VHD tidak tershutdown secara sempurna akhirnya terjadilah crash pada VHD, ada beberapa solusi yang dapat anda lakukan

Solusi :
Jalankan VHD dari VirtualBox langsung kemudian biarkan secara sesat dan kemudian matikan dengan benar, tunggu sekitar 1-2 menit baru jalankan melalui examadmin
Ikuti Intruksi yang tersedia jika belum mempen maka dikarena vhd crash silakan ganti dengan VHD hasil singkron yang telah anda banckup
11. Register IP Gagal

Ikuti Intruksi yang tersedia jika belum mempen maka dikarena vhd crash silakan ganti dengan VHD hasil singkron yang telah anda banckup
11. Register IP Gagal

Solusi :
Pastikan Client tersambung dengan PC server dan PC server exam adminnya harus dalam keadaan login
Cek kabel RJ45 dan LAN Card apakah berfungsi dengan baik (silahkan gunakan lan tester untuk mengetahui kondisi kabel LAN)
Lakukan ping dari client ke server lewat CMD
Matikan Antivirus dan Firewall
Jika masih tetap coba instal ulang windows
12. Token Tidak Tampil

Cek kabel RJ45 dan LAN Card apakah berfungsi dengan baik (silahkan gunakan lan tester untuk mengetahui kondisi kabel LAN)
Lakukan ping dari client ke server lewat CMD
Matikan Antivirus dan Firewall
Jika masih tetap coba instal ulang windows
12. Token Tidak Tampil

Solusi :
Pada kelompok tes pilih Reset All kemudian Assign All dan trakhir Save All, kembali ke status tes pilih daftar tes > kelompok > Simpan Semua
Jika masih tetap silahkan logout CbtSync kemudian Login ulang
13. Extract Exam Client / Proktor Browser Error

Jika masih tetap silahkan logout CbtSync kemudian Login ulang
13. Extract Exam Client / Proktor Browser Error

Solusi :
Pastikan File tidak Corrupt
Extract dengan Winrar Versi Terbaru
14. Aplikasi Exambrowser Stopped Working
Solusi :
Extract dengan Winrar Versi Terbaru
14. Aplikasi Exambrowser Stopped Working
Solusi :
15. VHD Tidak Bisa Terbuka
Solusi :
Solusi :
Silahkan PC server gunakan Windows 10 x64 bit jika windows 7 gunakan versi Windows7 Sp1
Pastikan VHD Tidak Corrupt
Pastikan VHD Tidak Corrupt
16. VHD di Gugurkan / Dropit (pada Virtual Box)
Hal ini disebabkan karena ACPI Shutdown tidak sempurna/tidak normal, maka
Hal ini disebabkan karena ACPI Shutdown tidak sempurna/tidak normal, maka

Solusi : adalah sebagai berikut : Jalankan VHD ANBK langsung dari Virtual box, tunggu hingga jalan dan diamkan beberapa saat. setelah itu silahkan shudownkan mesin VHD dengan benar dan silahkan coba kembali jalankan via exam admin
Jika masih tetap, silahkan ganti dengan VHD tersebut dengan VHD Hasil SINGKRONISASI.
Jika masih tetap, silahkan ganti dengan VHD tersebut dengan VHD Hasil SINGKRONISASI.
17. Status Stanby Berwarna Kuning Itu menandakan sever anda kena lock,
Solusi :
Silahkan ke tiket bantuan pada web anbk, silahkan isi minta unlock sn
Nah sahabat jadi sebaiknya setelah selesai singkroniasi wajib backup VHD ke HDD External ya. ini sangat berguna banget loh jika suatu nanti pc server kita ada masalah. tentunya silahkan jika ada kendala HUBUNGI HELP DESK MASING MASING KOTA. semoga solusi diatas bisa membantu anda. cukup sekian dan terimakasih.
Nah sahabat jadi sebaiknya setelah selesai singkroniasi wajib backup VHD ke HDD External ya. ini sangat berguna banget loh jika suatu nanti pc server kita ada masalah. tentunya silahkan jika ada kendala HUBUNGI HELP DESK MASING MASING KOTA. semoga solusi diatas bisa membantu anda. cukup sekian dan terimakasih.